Wednesday, April 10, 2019

Introduction & Basic Concepts of Linux




Apa itu Linux?

Sistem operasi open source Linux, atau Linux OS, yang dikembangkan oleh Linus Torvalds adalah sistem operasi lintas platform yang dapat didistribusikan secara bebas berdasarkan UNIX yang dapat diinstal pada PC, laptop, netbook, ponsel yang dapat diinstal pada PC, laptop, netbook, ponsel dan perangkat tablet, konsol gim video, server, superkomputer, dan lainnya.

OS Linux sering dikemas sebagai distribusi Linux untuk penggunaan desktop dan server, dan termasuk kernel Linux (inti dari sistem operasi) serta alat pendukung dan perpustakaan. Distribusi OS Linux yang populer termasuk Debian, Ubuntu, Fedora, Red Hat dan openSUSE.

    Linux vs Windows


Linux

Windows
Apa itu?

Linux adalah contoh pengembangan perangkat lunak Open Source dan Free Operating System (OS).

Windows adalah keluarga sistem operasi (OS) dari Microsoft, yang merupakan OS paling terkenal di dunia.
Pengguna

Semua orang. Dari pengguna rumahan hingga pengembang dan penggemar komputer.

Semua orang. Dari pengguna rumahan hingga pengembang dan penggemar komputer.
Berkas sistem

Ext2, Ext3, Ext4, Jfs, ReiserFS, Xfs, Btrfs, FAT, FAT32, NTFS

FAT, FAT32, NTFS, exFAT
Pengalaman pengguna

Meskipun ada banyak aplikasi GUI, sebagian besar pekerjaan dilakukan melalui Terminal (jendela konsol), dan jika muncul masalah, GUI jarang dapat digunakan untuk memperbaikinya.

Semuanya dapat dikontrol melalui GUI dan masalah ketidakcocokan jarang terjadi.
Jalankan level

Level run yang berlapis-lapis

Level run tunggal (mode aman)

    Perbedaan antara Linux dan OS Unix


Linux

Unix
Apa itu?

Linux adalah contoh pengembangan perangkat lunak Open Source dan Free Operating System (OS).

Unix adalah sistem operasi yang sangat populer di universitas, perusahaan, perusahaan besar dll.
Biaya

Linux dapat didistribusikan secara bebas, diunduh secara bebas, didistribusikan melalui majalah, Buku dll. Ada versi harga untuk Linux juga, tetapi mereka biasanya lebih murah daripada Windows.

Rasa Unix yang berbeda memiliki struktur biaya yang berbeda menurut vendor
Pabrikan

Kernel Linux dikembangkan oleh komunitas. Linus Torvalds mengawasi semuanya.

Tiga distribusi terbesar adalah Solaris (Oracle), AIX (IBM) & HP-UX Hewlett Packard. Dan Apple Membuat OSX, sebuah os berbasis unix ..
Contoh

Ubuntu, Fedora, Red Hat, Debian, Archlinux, Android dll.

OS X, Solaris, Semua Linux

   

Keuntungan dari Linux

Biaya: Keuntungan yang paling jelas dari menggunakan Linux adalah kenyataan bahwa itu gratis untuk diperoleh, sementara produk Microsoft tersedia dengan biaya yang lumayan dan kadang-kadang berulang. Lisensi Microsoft biasanya hanya diizinkan untuk diinstal pada satu komputer, sedangkan distribusi Linux dapat diinstal pada sejumlah komputer, tanpa membayar sepeser pun.

Penggunaan: Linux dapat diinstal pada berbagai perangkat keras komputer, mulai dari ponsel, komputer tablet, dan konsol video game, hingga mainframe dan superkomputer.

Prosesor: Lusinan jenis yang berbeda, yang terbatas pada Windows.

Keamanan: Linux memiliki sekitar 60-100 virus terdaftar hingga saat ini. Tak satu pun dari mereka yang aktif menyebar saat ini.

Perangkat Lunak: Perangkat lunak di Linux cenderung dikemas dengan lebih banyak fitur dan kegunaan yang lebih besar daripada perangkat lunak pada Windows. Yang terbaik dari semuanya, sebagian besar perangkat lunak Linux gratis dan open source. Anda tidak hanya mendapatkan perangkat lunak tanpa biaya, tetapi Anda memiliki opsi untuk mengubah kode sumber dan menambahkan lebih banyak fitur jika Anda memahami bahasa pemrograman.

No comments:

Post a Comment